Tuesday, April 11, 2017

Empat Cara Mengobati Mencret Secara Alami

Empat Cara Mengobati Mencret Secara Alami

Empat Cara Mengobati Mencret Secara Alami - Mencret atau diare adalah suatu penyakit pada saluran pencernaan yang menyebabkan sakit perut 'mulas' dan buang air besar yang sangat sering dengan komposisi tinja/feses lebih banyak berupa cairan, terkadang juga disertai dengan darah atau lendir. Mencret ini bisa menjadi momok yang sangat mengerikan ketika kita sedang beraktifitas, sebab membuat kita merasa tidak nyaman, lemas, dan merepotkan karena kita harus bolak balik ke belakang untuk buang air besar.

 

Penyebab Mencret atau 'Diare'

Penyebab mencret atau diare pada orang dewasa biasanya akan berbeda dengan anak-anak, pada anak-anak biasanya disebabkan virus, sementara pada orang dewasa lebih disebabkan oleh bakteri dan faktor lainnya. Namun secara umum, mencret disebabkan oleh faktor cuaca, makanan, infeksi rotavirus, infeksi bakteri, jamur, parasit, penggunaan antibiotik, alergi, dan lain sebagainya sampai bisa juga disebabkan oleh faktor psikologis yaitu stres ataupun sakit maag. Untuk media penularannya yang paling umum bisa melalui 3F yaitu Finger (jari), Food (makanan), dan Fly (lalat).

Secara medis diare atau mencret dibagi menjadi dua yaitu akut dan kronis, bila Anda mengalami diare kurang dari dua minggu biasanya disebut dengan diare akut, sementara diare yang dialami lebih dari dua minggu disebut dengan diare kronis.

Pada proses diare ini sebetulnya ada mekanisme tubuh mengeluarkan racun, virus, bakteri, dan kontaminasi lainnya terhadap makananan yang kita konsumsi dari dalam usus. Maka, biasanya diare tersebut tidak boleh dihentikan, sebab ibarat kata, 'mencoba menghentikan diare dengan obat, sama saja dengan menyumbat saluran pipa, sehingga aliran yang akan keluar dapat berbalik dan bisa memperparah saluran tersebut'. Oleh sebab itu, cukup dengan penanganan yang tepat, diare atau mencret akan berhenti dengan sendirinya dalam beberapa hari.

 

Cara Mengobati Mencret Secara Alami

  • Banyak minum
Dengan banyak mengonsumsi air putih akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi karena semua cairan tubuh keluar bersamaan dengan buang air besar, jadi tubuh bisa melemas. Selain mengonsumsi air putih, Anda juga dapat mengonsumsi teh hitam tawar atau larutan oralit untuk menghentikan mencret atau diare, hindari dulu mengonsumsi susu.

Meskipun susu merupakan minuman sehat, namun jika Anda dalam kondisi diare atau mencret, ada baiknya jangan mengonsumsi susu atau produk olahan dari susu. Mengonsumsi susu justru akan memperparah kondisi dari diare Anda. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi susu yogurt, karena yogurt mengandung bakteri sehat yang bisa menyehatkan pencernaan Anda.
  • Buah dan daun jambu biji
Tanaman jambu biji dikenal ampuh dan manjur dalam mengobati mencret secara alami dan cepat. Anda bisa mengonsumsi secara langsung buah jambu biji yang masih muda atau mengonsumsi pucuk daun jambu biji tersebut bersamaan dengan garam dapur. Obat tradisional diare ini akan bekerja secara efektif untuk menghentikan rasa nyeri di perut.
  • Cuka apel
Cuka apel ialah ramuan tradisional yang mampu mengobati mencret. Caranya sangat sederhana, Anda cukup mencampur beberapa tetes air cuka apel kedalam air putih, lalu meminumnya. Lakukan cara tersebut secara berkala untuk mengatasi mencret.
  • Kunyit dan kapur sirih
Sejak dulu, kunyit dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu diare. Caranya mudah, siapkan 2 jari kunyit yang di iris tipis, lalu rebus dalam 1 gelas air sampai menyisakan 1/3 gelas. Tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih, aduk hingga merata. Setelah dingin, air rebusan disaring lalu diminum. Lakukan pengobatan ini secara rutin tiga kali sehari.

Catatan penting :
  1. Perbanyak istirahat
  2. Jauhi buah-buahan berserat dan bersifat pencahar seperti buah mangga, alkohol, minuman bersoda, dan kafein.
  3. Jangan mengonsumsi obat-obatan antidiare tanpa adanya resep dari dokter, terlebih ketika Anda sedang hamil. Segera ke dokter jika diare disertai dengan demam tinggi, berdarah, atau tanda dan gejala lain dari penyakit serius.
 Post by : Sehat Sejahtera

  Empat Cara Mengobati Mencret Secara Alami

1 comment: