Monday, April 10, 2017

Cara Mengatasi Kolesterol dengan Bahan-bahan Alami

Cara Mengatasi Kolesterol dengan Bahan-bahan Alami - Saat mendengar kata kolesterol mungkin bagi beberapa orang akan berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang membahayakan bagi tubuh. Namun anggapan itu sebenarnya tidak tepat. Karena, sebenarnya kolesterol tetap dibutuhkan oleh tubuh. Lantas kenapa banyak orang yang bilang penyakit kolesterol mematikan? Temukan jawabannya dan simak penjelasan ini sampai tuntas!
Hanya saja di dalam tubuh terdapat kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan dan inilah yang sering disebut dengan kolesterol jahat. Jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh semakin tinggi, maka resiko penyakit akan semakin besar. Penyakit seperti stroke, hipertensi dan serangan jantung merupakan salah satu resiko penyakit yang meningkat akibat penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk itu, mengontrol dan menjaga kolesterol agar tetap berada di angka normal sudah menjadi suatu kerharusan bagi setiap orang. Karena jika kolesterol jahat dalam tubuh berlebih justru bisa menyebabkan terjadinya penyakit yang mematikan. Selain menjaga pola hidup lebih sehat, ternyata kolesterol juga bisa dikontrol dengan bahan-bahan alami.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol :


1. Kubis
Kubis (brassica oleracea var. capitate) atau lebih akrab disapa kol, merupakan salah satu sayuran yang mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Bukan hanya itu, kubis juga mempunyai kandungan senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation dan mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

2. Angkak
Sering disebut beras merah Cina, merupakan sejenis cendawan berwarna merah, yang mempnyai nama Latin Monascus purpureus. Angkak ini juga bisa digunakan untuk membuat arak merah yang terbuat dari beras, sebagai bahan pengawet makanan, dan untuk obat. Berdasarkan penelitian, angkak mampu menurunkan kadar Kolesterol darah secara alami. Caranya adalah dengan menumbuk angkak hingga halus dan menyeduhnya dengan air hangat.

3. Labu Siam
Labu siam ini merupakan salah satu sayuran yang sering diolah menjadi berbagai jenis masakan. Tetapi, siapa sangaka ternyata didalam labu siam ini terdapat beberapa kandungan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Agar kandungan yang ada dalam labu bisa didapatkan secara penuh ada baiknya anda mengkonsumsi labu dalam bentuk jus segar.

4. Bawang merah
Bawang merah (Cepae bulbus), pada umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Tetapi adanya kandungan senyawa flavonoid yang dapat bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar Kolesterol, trigliserida, dan gula darah. Maka, tidak heran jika banyak orang yang menggubakan bawang merah sebagai salah satu obat untuk mengatasi kolesterol. Untuk mendapatkan kandungan yang ada dalam bawang merah, lebih di sarankan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

5. Kunyit
kunyit yang mempunyai nama latin Curcumae domesticae rhizoma, merupakan salah satu rempah yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat dari tumbuhan ini adalah melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta menjaga dan mengatasi kolesterol dalam darah.

Itulah bebera jenis tanaman yang bisa anda coba untuk mengatasi kolesterol. Selamat mencoba, semoga informasi yang kami berikan kali ini dapat bermnafaat dan membantu anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada kerabat atau teman dekat anda.

Post by : Sehat Sejahtera

No comments:

Post a Comment