Friday, April 14, 2017

Khasiat dan Manfaat Asam Jawa

Khasiat dan Manfaat Asam Jawa - Asam jawa adalah salah satu bumbu masak yang mempunyai banyak manfaat terutama untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan. Manfaat yang dimiliki asam jawa sebagai tanaman herbal ini memang sudah dikenal sejak lama. Bahkan masyarakat Indonesia telah menggunakan asam jawa ini sebagai obat untuk sariawan, luka, eksim dan mengatasi gigitan serangga.


Di Indonesia, biji buah asam jawa pada umumnya digunakan untuk bumbu masak. Dan juga menjadi bahan utama salah satu minuman kesehatan tradisional, kunyit asam. Asam jawa yang mempunyai nama latin Tamarindus indica dan termasuk dalam keluarga Fabaceae.

Daging buah asam jawa yang berwarna putih, dan berubah menjadi kecokelatan jika sudah masak. Daging buah asam jawa ini mempunyai macam-macam zat asam, diantaranya asam tatrat, malat, sitrat, suksinat, dan asetat. Zat asam ini berkhasiat sebagai pencahar, untuk melancarkan buang air besar dan peredaran darah.

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat asam jawa untuk kesehatan :


1. Mengobati disentri
Disentri adalah salah satu kodnisi dimana adanya penyakit yang menyerang usus. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini biasanya ditandai dengan perut yang terasa mulas, dan juga BAB yang di sertai darah dan lender. Penyakit ini memeng sering membuat banyak orang merasa gelisah. Namun tidak perlu khawatir karena dengan mengkonsumsi ramuan asam jawa penyakit ini bisa disembuhkan.

2. Mengobati eksim
Eksim merupakan penyakit kulit yang menyerang jaringan kulit, sehingga kulit akan melepuh dan mengeluarkan nanah. Eksim biasa menyerang semua usia. Asam jawa merupakan salah satu pengobatan alami yang  dipercaya mampu membantu mengatasi eksim. Biasanya pengobatan eksim dengan penyakit ini adalah dengan cara mengoleskan asam jawa pada kulit yang terkena eksim.

3. Mengatasi darah rendah
Untuk mengatasinya gunakan ramuan asam jawa berikut. Siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram gula, 250 gram daun bayam, 15 gram cabai rawit, dan garam secukupnya. Kemudian rebus daun bayam setengah matang untuk di jadikan sebagai lalapan. Bahan selainnya di tumbuk halus untuk di buat menjadi sambal. Lalapan dan sabal tersebut di makan menemani makan siang Anda dengan nasi beras merah. Lakukan kebiasaan tersebut setiap hari.

4. Mengobati ambeien
Semua pasti tidak percaya diri saat terkena ambeien. Untuk mengatasinya salah satunya dengan ramuan asam jawa. Siapkan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak, dan 1 gram asam jawa tentunya. Semua bahan di rebus dengan 1 liter air. Setelah direbus biarkan dingin dan kemudian saring airnya. Minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang khasiat asam jawa untuk kesehatan. Bagi anda yang saat ini mempunyai masalah kesehatan asam jawa bisa anda jadikan solusi untuk mengatasinya. Jangan lupa share artikel ini ya!

No comments:

Post a Comment